Laman

Kamis, 22 September 2011

Insomnia ? Menghitung domba saja!

Kamu orang yang sering begadang? 
Apakah kamu sering mengalami yang namanya insomnia? 
Di saat kita ingin tidur dengan nyenyak tetapi kantuk tak kunjung datang juga, apa yang kamu lakukan? 
Minum obat tidur? 
Wah, kebiasaan yang kurang baik itu.

Pernah liat serial televisi Mr. Bean? Di suatu episodenya mengisahkan bahwa Mr.Bean sedang susah tidur, dan yang dilakukannya adalah menghitung domba yang ada di posternya. Setelah Mr.Bean menghitung dan mendapatkan hasilnya, dia pun langsung tertidur dengan nyenyak.Cerita bahwa dengan menghitung domba orang akan dapat tertidur dengan nyenyak memang menjadi cerita masyarakat luar negeri.

sumber : google.com

Berdasarkan penelitian tim dari Oxford University pada 2002, cara tersebut tidak efektif. Bahkan justru membuat seorang yang mengidap insomnia lebih sulit tidur. Peneliti melakukan penelitian pada 41 pasien insomnia. Para pasien diminta melakukan satu dari tiga hal sebelum tidur, yaitu menghitung domba, membayangkan sebuah tempat yang damai, atau lepas dari kebiasaan sebelum tidur.

Hasilnya adalah ketika pasien membayangkan tempat yang damai, mereka rata-rata tidur dua puluh menit lebih awal dari pada setiap malam selama penelitian. Lalu, ketika mereka menghitung domba, butuh lebih lama untuk tertidur. Berdasarkan penelitian tersebut, justru membayangkan tempat yang damai lebih efektif.

Penelitian lain di Oxford pada 2003, juga menemukan bahwa penderita insomnia cenderung sering berpikir gambar tidak menyenangkan, dibandingkan orang yang tidak memiliki masalah tidur kronis.Hal itu mungkin alasan mengapa mereka mengalami kesulitan tidur. Jika hasilnya dibandingkan, justru menghitung domba bisa membuat seseorang makin sulit tidur. Meskipun demikian, kebiasaan membayangkan dan menghitung domba sering dilakukan oleh orang-orang untuk tidur.

Jadi, seandainya belum bisa tidur, mulai tertarik untuk membayangan tempat yang damai?

1 komentar:

  1. Dhani :

    emngnya klo minum obat tidur ada efeknya ya ??

    BalasHapus