Laman

Kamis, 13 Oktober 2011

KUCING

Ada yang tahu kapan kucing mulai hidup di bumi?
Ada yang tahu jenis kucing apa saja yang ada di sekitar kita?
Dan ada yang tahu tentang mitos-mitos kucing yang tidak masuk akal?

Kali ini, kita akan sedikit membahas tentang kucing. Hewan yang memiliki bulu-bulu yang indah, halus, dan selalu menggelikan ini, menurut para peneliti dunia masa silam percaya, nenek moyang kucing adalah miacis. Yaitu binatang liar sebangsa musang yang hidup pada masa Eocene, kira-kira 50.000.000 tahun silam.

sumber : google.com
Kucing, dianggap sebagai karnivora yang sempurna, karena memiliki gigi dan saluran pencernaan yang khusus. Gigi remolar dan molar pertama membentuk sepasang taring di setiap sisi mulut yang bekerja efektif seperti gunting untuk merobek daging. Meskipun ciri-ciri tersebut terdapat pada anjing, tetapi ciri-ciri tersebut berkembang lebih baik pada kucing.

sumber : google.com
Apabila seekor kucing betina apabila tiba pada saatnya hamil, akan mengandung anaknya selama kurang lebih 63 hari. Anak kucing terlahir buta dan tuli, mata mereka baru akan terbuka kira-kira pada usia 8-10 hari. Dan biasanya anak kucing akan di sapih oleh induknya pada usia 6-7 minggu. Seekor kucing betina dalam sekali mengandung bisa mencapai 4 janin, karena rahimnya memiliki bentuk yang khusus dengan 4 bagian yang berbeda.

Di dunia, ternyata terdapat beberapa jenis kucing peliharaan. Yang berdasarkan rasnya, meliputi :

MANX CAT
sumber : google.com
Adalah jenis kucing yang memiliki ekor pendek, berbulu cokelat dan lavender. Kucing jenis ini, memiliki sifat setia, wamah dan pintar. Sebagian orang menyebutnya Rumpy.

MAINE COON CAT
sumber : google.com
Adalah jenis kucing yang berasal dari Maine, AS, kucing jenis ini merupakan kucing keturunan dari kucing Anggora dan American Shorthair. Mereka memiliki sifat lucu, pemalu tapi mau, dan mudah akrab. Mereka juga memiliki bulu yang tipis, lembut dan warnanya beragam.

BRITISH SHORTHAIR CAT
sumber : google.com
Adalah jenis kucing yang dikembangkan di Inggris. Kucing ini memiliki sifat kalem, lembut dan pintar. Warna bulunya beragam, adanya yang polos (putih, hitam, biru, merah dan krem), dwiwarna, hitam pekat atau bisa juga memiliki wana belang.

BURMESE (BURMA) CAT
sumber : google.com
Adalah jenis kucing yang dikembangbiakkan oleh Dr. Thompson (AS) dari kucing ratu wong (Burma) dan siam. Memiliki warna seperti coklat musang, selain itu ada juga yang berwarna biru, champagne, lifa merah, cokelat dan biru kura-kura. Mereka memiliki sifat yang periang dan lucu.


CHINCHILLA LONGHAIR CAT

sumber : google.com
Adalah jenis kucing persia yang paling anggun. Nenek moyangnya dari Inggris. Ras ini dibagi menjadi dua macam, yaitu Chinchilla warna cerah (sejati) dan yang agak gelap (perak gradasi).

So, kucing jenis apa ne yang Anda pelihara???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar