Laman

Jumat, 12 Agustus 2011

6 langkah untuk keberhasilan

Di tahun 2011 yang serba modern ini, kita sebagai calon pencari kerja pasti berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang paling besar. Tapi, pernah kah kita berpikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri? Serta mendapatkan gaji yang lebih banyak daripada bekerja untuk orang lain?

Saat ini kewirausahaan merupakan suatu hal yang sedang digalakkan oleh pemerintah Indonesia. Lalu,bagaimana agar kita dapat berhasil dalam mendirikan suatu usaha?

gambar : google

Menurut Bapak HM. Temu PR, S. Pd. MM. keberhasilan usaha tergantung dari beberapa faktor, baik faktor dari luar ataupun dari dalam diri sendiri, diantaranya :
1. Karakteristik pribadi
Di sini kita harus mengetahui siapa diri kita dan seperti apa diri kita itu? Karena yang mengetahui diri kita, ya hanya kita.Jadi, kita bisa tahu seperti apa kemampuan kita.

2. Keterampilan
Dalam hal keterampilan kita harus mengetahui apa keterampilan atau keahlian kita? Apakah menjahit, memasak ataupun hal lainnya. Dan kita harus percaya bahwa semua keterampilan yang ada pada diri kita itu bisa dijadikan sebuah peluang usaha yang menjanjikan, tinggal bagaimana kita mengolah dan mengoptimalkannya.

3. Pengalaman
Ada pepatah yang mengatakan "Pengalaman adalah Guru yang Paling Berharga". Semua pengalaman yang pernah kita alami baik yang positif atau negatif itu bisa kita jadikan sebagai sebuah motivasi atau dorongan dalam menciptakan sebuah usaha.
4. Keadaan Keuangan
Jika kita ingin mendirikan sebuah usaha, salah satu hal yang penting untuk diingat adalah keadaan keuangan atau biasa kita sebut juga sebagai "modal". Sesuaikan usaha yang ingin didirikan dengan modal yang kita miliki, jangan memaksakan kehendak. Sebab siapa yang tahu dari modal yang sedikit bisa saja menghasilkan keuntungan yang berlipat.

5. Memiliki Peluang Pasar
Setelah semua direncanakan dengan baik, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah peluang pasar, bagaimana cara kita mengenalkan produk yang kita buat kepada masyarakat luas dan membuat masyarakat percaya bahwa produk yang kita buat itu aman dan tidak bersifat negatif bagi penggunanya.

6. Administrasi Tertib
Dalam suatu pendirian usaha pasti akan ada pajak dan izin yang harus diselesaikan. Pajak dan izin tersebut akan memberi pengaruh dalam kesuksesan suatu usaha kedepannya.

Jadi, siapa bilang mendirikan usaha itu sulit? Walaupun tidak bisa dibilang mudah, namun apabila kita memiliki kemauan yang kuat serta faktor pendukung yang dibutuhkan, maka keberhasilan bukan sesuatu yang tidak mungkin.

2 komentar:

  1. Ramadhan :

    thanks banget nih.... uda di ajarin berwirausaha...

    BalasHapus
  2. Yak, sama-sama. Selamat berwirausaha :)

    BalasHapus